Cara Mendapatkan Bansos Rp 600 Ribu dan Beras 10 Kg Periode Juli 2021, Simak Cara Mencairkannya

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) akan mempercepat bantuan sosial tunai (BST) untukmembantu kelompok rentan akibat pandemi Covid 19. Melalui Instagram , bantuan diberikan sebagai dampak dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Dana bansos yang diberikan setiap bulannya kepada masyarakat adalah senilai Rp 300.000.

Sementara untuk bantuan periode Mei dan Juni yang belum tersalurkan akan disalurkan pada bulan Juli, sehingga bantuan diberikan sekaligus sebesar Rp 600.000. Para penerima bansos tunai juga mendapat tambahan berupa beras 10 Kg, termasuk para penerima bantuan PKH. “Kami mengirimkan data penerima BST dan PKH ke Bulog dan mereka menyalurkan beras itu melalui jaringannya di seluruh Indonesia,” ucap Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

Untuk mengecek status bantuan, buka link cekbansos.kemensos.go.id secara online, dan ikuti panduan berikut. 1. Pertama buka link 2. Kemudian masukkan alamat; Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan pada kolom isian

3. Lalu, masukkan nama lengkap sesuai KTP 4. Setelah itu masukkan kode pada kolom 5. Jika tidak jelas huruf kode, klik icon ' reload ' untuk mendapatkan kode baru

6. Setelah itu tekan tombol "cari" data Data hasil pencarian akan ditampilkan pada laman . Data yang ditampilkan berupa alamat penerima, periode bansos, dan identitas penerima.

Sistem pencarian pada laman, akan mencocokkan Nama KPM dan wilayah yang diinput dan membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos. Pencairan dana bantuan sosial dapat dilakukan melalui bank anggota Himbara, seperti BNI, BRI, Bank Mandiri, serta BTN. Mekanisme penyaluran BST tetap sama yakni melalui Kantor Pos dan Himpunan Bank Negara (Himbara).

Sementara untuk mencairkan dana bansos, masyarakat wajib membawa persyaratan berikut ini: 1. Surat undangan 2. KTP

3. Kartu Keluarga (KK). Surat undangan atau keterangan dari ketua RT Setempat harus dibawa ke kantor pos terdekat. Surat keterangan berisikan barcode dan informasi dasar penerima bantuan.

Anda dapat mencairkan dana bantuan, dengan menunjukkan dokumen pribadi seperti KTP atau KK dan surat dari RT kepada petugas. Lalu petugas akan melakukan scanning pada barcode di surat undangan tersebut, kemudian dana bantuan akan langsung diberikan kepada KPM. Sebagai bukti bahwa yang bersangkutan sudah mencairkan dana bantuan, petugas akan memfoto setiap masyarakat yang sudah menerima bansos lengkap bersama dokumen pribadinya.

Saat proses pencairan dana bantuan sosial, masyarakat tidak dikenai potongan biaya apapun. Penyaluran bantuan dari pemerintah juga diimbangi dengan adanya pengawasan pada struk belanja penerima manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.