Cara Membuat Visa Umroh Lengkap dengan Syarat dan Biaya

Setelah diguncang pandemi, pihak Arab Saudi akhirnya membuka gelombang umroh ke tanah suci. Umroh sudah dibuka per 14 Juli 2022. Pengajuan visa bisa Anda lakukan dengan melengkapi terlebih dahulu sejumlah persyaratannya. 

Pengajuan Visa Umroh dan Syaratnya

Untuk pengajuan visa umroh tahun 2022, siapkan beberapa dokumen. Kelengkapan dokumen yang memberikan pengaruh pada persetujuan dari kedutaan besar. Sebab, pihak kedutaan besar yang akan mengeluarkan izin untuk perjalanan umroh.

Persyaratan Membuat Visa Umroh

Anda perlu mempersiapkan beberapa persyaratan dokumen berikut ini:

  • Siapkan paspor asli yang masih berlaku minimal 6 bulan. Gunakan nama minimal 3 kata. Jika nama yang Anda gunakan hanya 3 kata, bisa tambahkan bin atau binti.
  • Kartu keluarga serta buku nikah asli untuk pasangan suami istri.
  • Akte kelahiran untuk anak di bawah umur 17 tahun.
  • Siapkan juga pas foto terbaru dengan latar putih dan menampakkan wajah 80 persen. Jumlah foto yang harus Anda sediakan sebanyak 8 lembar dengan ukuran 4 X 6.
  • Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan kartu kuning vaksin meningitis sebelum keberangkatan. Vaksin meningitis sifatnya wajib karena mencegah jamaah terhadap risiko terinfeksi radang selaput otak.
  • Untuk jamaah wanita usia kurang dari 45 tahun memiliki kewajiban didampingi suami atau mahramnya. Namun, menggunakan surat mahram sebagai gantinya.
  • Sedangkan untuk jamaah wanita lebih dari 45 tahun tidak memiliki kewajiban didampingi oleh suami atau mahramnya. Anda cukup menyertakan KTP asli.
  • Untuk jamaah yang dibantu biro travel dalam mengurus visa, maka dokumen akan diterima paling lambat 30 hari sebelum keberangkatan.

Cara Mengurus Visa Umroh

Setelah selesai mengumpulkan persyaratan, maka Anda perlu tahu bagaimana tahapan mengurus visa umroh. Perlu Anda ingat bahwa untuk proses pengajuan visa umroh hanya bisa dilakukan oleh PPIU. 

Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah merupakan biro perjalanan wisata yang telah berizin untuk menyelenggarakan umroh. Anda bisa mengecek PPIU terdekat dengan lokasi domisili dengan mengakses laman resmi dari Kemenag. 

Berikut ini alur mengurus visa umroh, yaitu:

  • Langkah awal, jamaah umroh perlu mendaftar terlebih dahulu melalui biro jasa haji dan umroh. Selanjutnya, jemaah bisa menyerahkan persyaratan visa umroh.
  • Selanjutnya, provider visa umroh akan melakukan manifes data jemaah kepada muassasah. Sedangkan Muassasah merupakan penyelenggara umroh dari Saudi yang akan menerbitkan MOFA.
  • Langkah selanjutnya, Muassasah akan mengeluarkan MOFA untuk jamaah umroh. Ministry of Foreign Affair merupakan konfirmasi dari pihak kementerian haji  dari Saudi berdasarkan kuota. Setiap jamaah harus memiliki MOFA sebelum melakukan pengajuan visa.
  • Provider yang akan mengajukan permohonan visa ke kedutaan Arab Saudi. Pada tahapan ini provider harus menyerahkan syarat dan MOFA dari jamaah umroh.
  • Kedutaan akan menerima, lalu memeriksa semua persyaratan. Selanjutnya, kedutaan akan menerbitkan visa untuk jamaah umroh. MOFA hanya berlaku selama 15 hari.

Permohonan visa tidak akan mengalami penolakan jika tidak terlibat tindak kriminal. Visa umroh juga berlaku bervariasi mulai 10, 20 sampai 30 hari.

Biaya Visa Umroh 2022

Pengurusan visa umroh sampai proses selesai memerlukan waktu 2 sampai 3 hari. Perkiraan dana yang harus Anda keluarkan mulai Rp2,9 juta atau Us$200. Namun, harga serta biaya visa tergantung pada provider, muassasah, negara dan waktu kepengurusan.

Sehingga harga bisa saja terjadi perbedaan. Agar proses pengurusan tidak terkendala, Anda sebaiknya mengurus jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan.

Mempersiapkan persyaratan umroh dengan baik akan membantu memperlancar proses keberangkatan. 

 

Rekomendasi Jasa Travel Umroh

Bagi anda yang berencana melakukan umroh, Travel Umroh Alhijaz Indowisata Bisa jadi pilihan.

Alhijaz Indowisata sudah berdiri sejak tahun 2000, Hal ini tentu menjamin travel umroh Alhijaz Indowisata bisa di percaya dan berpengalaman.

Alhijaz Indowisata lagi ada promo untuk paket umroh desember, kunjungi halaman resmi nya untuk informasi lebih lengkap di www.travelumrohhajiku.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.