Baru Kenal Sudah Bilang Cinta? Waspadai Romance Scams ya, Kawan Puan!

Kawan Puan, pernah nggak kamu baru mengenal seseorang, tapi dalam waktu singkat si dia sudah menyatakan cinta? Jika pernah atau sedang mengalaminya, ini tandanya kamu sedang menjadi korban romance scams . Romance scams atau yang biasa disebut dengan penipuan asmara adalah bentuk penipuan bagi rasa cinta dan kasih sayang.

Seringnya hal ini terjadi pada dua orang yang saling mengenal lewat situs kencan online maupun media sosial. Perempuan kerap jadi korbannya. Semakin marak terjadi, penipuan romance scams ini sangat merugikan loh, Kawan Puan. Sebab pelakunya kerap memanfaatkan kondisi ini untuk mendapatkan uang, bahkan harga diri dan rasa percaya diri perempuan. Memang tak mudah untuk menyadari bahwa kamu sedang mengalami romance scams . Apalagi jika sudah mulai dibutakan dengan cinta.

Terkadang, perhatian besar yang diberikan oleh seseorang pada perkenalan pertama, membuatmu merasa semakin jatuh cinta dan 'terjebak' dalam kesempatan untuk membina hubungan. Dilansir dari Cosmopolitan, ini dia tanda tanda romance scams yang wajib Kawan Puan ketahui. Jatuh cinta bukanlah hal mudah. Terkadang, membutuhkan waktu dan perkenalan lebih dalam, untuk bisa mencintai seseorang.

Nah, kamu harus waspada nih, Kawan Puan. Saat baru berkenalan dengan seseorang dan dia sudah menyatakan cinta, maka kamu wajib berhati hati. Apalagi saat kenalan barumu itu sudah membicarakan hal hal yang terlalu jauh seperti jenjang pernikahan bahkan membangun rumah tangga, maka sebaiknya kamu menaruh curiga ya. Para pelaku romance scams ini kerap mencoba 'menjebak' korbannya dengan fakta fakta berlebihan yang sebenarnya tidak benar benar terjadi.

Misalnya saja mereka mengaku sering pergi ke luar negeri, punya pendidikan tinggi, dan hal hal lain untuk membanggakan diri. Memang, itu mungkin saja benar. Tapi, sebelum mempercayainya, sebaiknya kamu cari tahu kebenarannya dulu ya, Kawan Puan. Sebab bisa saja para pelaku romance scams ini sedang membual lewat omong kosong, supaya kamu semakin tertarik kepadanya.

Di zaman perkembangan teknologi sekarang ini, video call adalah hal yang lumrah dilakukan untuk berkomunikasi ya. Terlebih kondisi pandemi Covid 19, membuat kita tidak bisa bertemu orang lain secara langsung dengan lebih leluasa. Jika kamu meminta video call dan mereka selalu menolak, maka kamu wajib curiga. Jika sekali atau dua kali dia menolak, mungkin itu tak jadi masalah.

Namun jika permintaanmu itu selalu ditolak berkali kali, maka ada yang nggak beres, tuh . Kamu perlu waspada ya, Kawan Puan. Pelaku romance scams umumnya memanfaatkan keadaan dan kebaikan hatimu, untuk melakukan pemerasan secara tidak langsung. Mereka bahkan tidak segan segan mengarang cerita yang belum tentu benar, hanya sekadar untuk menarik simpatimu.

Misalnya mereka membuat alasan butuh uang untuk perawatan rumah sakit, untuk orang tua, atau untuk alasan biaya pendidikan. Setelahnya, mereka akan berusaha meminjam uang darimu baik dari nominal kecil hingga nominal besar. Jika ada dalam kondisi ini, sebaiknya kamu segera cari cara untuk menyudahi hubungan tersebut ya, Kawan Puan. Jangan sampai kamu dirugikan!

(*) Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.